Senin, 19 Maret 2012

Biografi

Dev Patel
    
Dev Patel itu lah sebutan yang terkenal di panggung . Dev Patel mempunyai nama asli Devesh Patel  . Ia dilahirkan di HarrowGreater LondonInggris  dengan keturunan India pada tanggal 23 April 1990 , dimana pada bulan tersebut di tahun 2012 dev berumur 22 tahun . Orang Tua dev beremigrasi dari Kenya baik secara terpisah di usia remaja, dan hanya bertemu di London . Ibunya, Anita, adalah pengasuh, dan ayahnya, Raj, adalah seorang konsultan TI. Ia memiliki satu saudara kandung, seorang kakak perempuan bernamaTrushna yang bekerja untuk Post Racing di Canary Wharf, London. Ia dibesarkan dalam iman Hindu .

Dev mahir dalam seni bela diri . Ia mengatakan bahwa sebagai seorang anak, "energik berdarah" dan digunakan untuk mendapat masalah di sekolah karena itu. Mottel Nya mulai pelatihan di Rayners Lane Academy of Taekwon-do pada tahun 2000. 


Dia berkompetisi secara teratur di kedua kejuaraan nasional dan internasional, termasuk tahun 2004 AIMAA (Action International Martial Arts Association) Kejuaraan Dunia di Dublin, di mana ia memenangkan medali perunggu . Kejuaraan Dunia berlangsung pada bulan Oktober 2004 , ketika dia sabuk merah bersaing di divisi junior melawan merah lainnya dan ikat pinggang hitam. Dia berhasil mencapai semifinal, di mana ia kalah dari sebuah sabuk hitam Irlandia bernama Niall Fitzmaurice dalam "pertarungan yang sangat dekat dan sulit", dan akhirnya memenangkan medali perunggu. Ia kemudian memperoleh sabuk hitam pertama pada 11 Maret 2006 .

Patel memulai karir aktingnya pada akhir tahun 2006, ketika ia mengikuti audisi untuk drama remaja E4 Skins serial televisi. Ibu Patel melihat iklan casting di koran dan membawanya ke audisi meskipun ia sedang ada ujian di keesokan hari . Setelah dua audisi, ia di perankan Anwar Kharral, seorang remaja Muslim Inggris Pakistan..  Menurut sesama aktor Mike Bailey (yang bermain Sid Jenkins) dan Hannah Murray (yang bermain Cassie Ainsworth), karakterisasi Anwar sebagian didasarkan pada kepribadian Patel dan peran ditulis secara khusus untuk dirinya setelah ia diperankan di Skins . Patel, yang tidak punya pengalaman akting profesional, mengatakan bahwa pada "hari pertama pengambilan gambar saya tidak benar-benar tahu apa yang harus dilakukan”. Seri pertama dari acara ditayangkan pada Januari 2007 dan melanjutkan untuk memenangkan Rose d'Or untuk Drama pada 2008 dan menerima nominasi untuk Seri Drama Terbaik pada BAFTA Television Awards 2008 . perannya sebagai Anwar untuk seri kedua Skins, yang disiarkan pada Februari 2008. Seri kedua Skins memenangkan Audience Award Philips di BAFTA Awards 2009 televisi pada bulan April 2009 . Pada tahun 2010. Dirilis bahwa ia akan membintangi film Skins menunjukkan di musim panas 2011.

Patel dengan Pinto Slumdog mainnya Millionaire Freida di International 2008 Toronto Film Festival. Patel membuat debut film fitur ketika ia di peran Jamal Malik, tokoh sentral dalam Slumdog Millionaire Danny Boyle film. Karakter Jamal Malik adalah seorang anak Muslim India yang lahir dan dibesarkan di kemiskinan dari Bombay (sekarang dikenal sebagai Mumbai) India . Boyle dianggap ratusan aktor laki-laki muda, tetapi menemukan bahwa Bollywood mengarah pada umumnya "yang kuat, tampan pahlawan-jenis ", bukan kepribadian yang ia cari . 17-tahun putri Caitlin Boyle menunjuk dia untuk ansambel Skins Inggris drama televisi, dimana Patel adalah anggota cor. Setelah 5 audisi untuk peran , aktor itu akhirnya dilemparkan pada bulan Agustus 2007 . Produser film menemukan pilihan asli untuk peran utama, Ruslaan Mumtaz, terlalu tampan untuk peran. Boyle mengatakan "Saya ingin seorang pria yang tidak terlihat seperti seorang pahlawan yang potensial, saya ingin dia mendapatkan dalam film ". Untuk mempersiapkan peran, Patel ikut-ikutan Boyle sementara kepramukaan untuk lokasi syuting, di mana ia mampu mengamati daerah kumuh Dharavi untuk. dirinya sendiri. Dia juga bekerja di sebuah pusat panggilan untuk satu hari dan di hotel, di mana ia mencuci piring. 

Setelah merilis Slumdog Millionaire pada akhir 2008, Patel pergi untuk menerima sejumlah penghargaan untuk penampilannya, termasuk Penghargaan British Film Independen,  Dewan Nasional Review (NBR) Award, Chicago Kritikus Film Asosiasi Award, dan dua Penghargaan Reel Hitam untuk Aktor Terbaik dan Kinerja Terobosan terbaik. Patel juga dinominasikan untuk Aktor Pendukung Terbaik pada 2009 Screen Actors Guild (SAG) Awards. Penghargaan ini akhirnya pergi anumerta untuk Heath Ledger untuk penampilannya dalam The Dark Knight, meskipun Patel memang memenangkan Screen Actors Guild Penghargaan untuk Kinerja Posisi oleh Cast di Motion Picture, yang ia berbagi dengan sepuluh anggota cast lainnya dari Slumdog Millionaire. Pada tanggal 8 Januari 2009, Patel memenangkan Critics Choice Award 'untuk Performer Muda Terbaik . Dia juga dinominasikan untuk dua penghargaan Lingkaran Kritikus Film London, dengan NAACP Image Award untuk Outstanding Supporting Actor, BAFTA Award 2009 untuk Aktor Terbaik Memimpin, dan Film Penghargaan Eropa untuk Aktor Terbaik. Film itu sendiri memenangkan empat Golden Globe, termasuk Film Drama Terbaik, dan delapan Academy Awards, termasuk Best Picture.

Patel bermain Zuko dalam M. Night Shyamalan The Last Airbender, sebuah film adaptasi dari serial animasi Avatar: The Last Airbender, yang dirilis 1 Juli 2010, untuk ulasan yang sangat negatif. Meskipun sukses komersial, film ini adalah kegagalan kritis dan Patel bahkan menerima nominasi Razzie Award sebagai aktor pendukung terburuk tahun itu. Patel membintangi film pendek, "Commuter The", yang disutradarai oleh Brothers McHenry untuk mempromosikan Nokia N8 smartphone di Inggris Fans yang memenangkan Nokia Inggris kompetisi yang dikelola bersama membintangi Dev Patel dalam film pendek . Patel dalam The Marigold Terbaik Exotic, disutradarai oleh John Madden, dengan Judi Dench, Bill Nighy dan Maggie Smith.Untuk peran ini ia harus mengambil pelajaran dalam menyempurnakan aksen India-Inggris, sebagai aksen asli bahasa Inggrisnya begitu kuat produsen merasa jika ia terus aksen film akan kurang dipercaya. 

filmography

Year
Title
Role
Awards
Other notes
Television
2007–2008
Main cast member
Won 2 BAFTAs
2009
Minor Role
2012
Neal
Film
2008
Protagonist
Won 7 BAFTAs and 8 Oscars
2010
Nominated - Razzie Award for Worst Supporting Actor
Nominated - Razzie Award for Worst Screen Couple (with the entire cast)
2012
Sonny Kapoor


Awards and nominations
Won
1.      2008 Black Reel Award — "Best Actor" — Slumdog Millionaire
2.      2008 Black Reel Award — "Best Breakthrough Performance" — Slumdog Millionaire
3.      2008 British Independent Film Award (BIFA) — "Most Promising Newcomer" — Slumdog Millionaire
4.      2008 Chicago Film Critics Association (CFCA) Award — "Most Promising Performer" — Slumdog Millionaire
5.      2008 National Board of Review (NBR) Award — "Best Breakthrough Performance" — Slumdog Millionaire
6.      2008 Phoenix Film Critics Society Award — "Break Out On Camera" — Slumdog Millionaire
7.      2008 Washington D.C. Area Film Critics Association (WAFCA) Award — "Best Breakthrough Performance" — Slumdog Millionaire
8.      2009 Critics' Choice Award — "Best Young Performer (Actor/Actress)" — Slumdog Millionaire 
9.      2009 Richard Attenborough Film Award — "Best Breakthrough" — Slumdog Millionaire
10.  2009 Richard Attenborough Film Award — "Rising Star of the Year" — Slumdog Millionaire

Nominated
1.      2008 Black Reel Award — "Best Ensemble" — Slumdog Millionaire
2.      2008 Detroit Film Critics Society Award — "Best Newcomer" — Slumdog Millionaire
3.      2009 BAFTA Award — "Best Actor in a Leading Role" — Slumdog Millionaire
4.      2009 Evening Standard British Film Award — "Most Promising Newcomer" — Slumdog Millionaire
5.      2009 London Critics' Circle Film Award — "British Actor of the Year" — Slumdog Millionaire
6.      2009 London Critics' Circle Film Award — "Young British Performer Of The Year" — Slumdog Millionaire
7.      2009 NAACP Image Award — "Outstanding Supporting Actor in a Motion Picture" — Slumdog Millionaire
9.      2009 MTV Movie Awards — Best Kiss — Slumdog Millionaire
10.  2009 MTV Movie Awards — Breakthrough Performance Male — Slumdog Millionaire
11.  2009 European Film Awards — Best Actor — Slumdog Millionaire
12.  2010 Golden Raspberry Award for Worst Supporting Actor and Worst Screen Couple with the entire cast - The Last Airbend


0 komentar:

 

Nurlatifa Kurniawati Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang