I.
Pengertian
Abstrak
Abstrak merupakan suatu ringkasan yang lengkap dan
menjelaskan keseluruhan isi artikel ilmiah. Abstrak ditempatkan pada bagian
awal artikel ilmiah.
Abstrak seperti sinopsis. Hanya dengan membaca abstrak,
pembaca sudah bisa memahami apa yang ada dalam sebuah tulisan ilmiah. Oleh
sebab itu, abstrak harus jelas, singkat, padat dan mudah dipahami (Ahira, 2009).
Sifat-sifat abstrak adalah (Santoso, 2009):
1. Ringkas
2. Jelas
3. Tepat
4. Berdiri sendiri
5. Objektif
Pengertian menurut
beberapa sumber :
a. Abstrak adalah
rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat atau dengan kata
lain penyajian atau gambaran ringkas yang benar, tepat dan jelas mengenai isi
suatu dokumen (Ahira, 2009).
b. Abstrak dalam bahasa
Inggris merupakan satu kemutlakan yang harus ada (persyaratan dalam akreditasi
jurnal ilmiah) (Santoso, 2009).
c. Dalam makalah karya
ilmiah atau skripsi : Abstrak atau juga ada sebagian yang menyebutnya dengan
abstraksi adalah penyajian yang singkat dan teliti mengenai suatu dokumen atau
karangan dengan tidak ditambahkan kritik atau interpretasi serta ciri - ciri
penulis abstrak .
d. Dalam perbendaan : Abstrak merupakan benda kasat mata yang bentuknya tidak jelas sehingga sulit untuk di definisi .
e. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, abstrak bermakna : ringkasan inti, ikhtisar, inti (skripsi, laporan, dsb.).
f. Menurut Tesaurus Indonesia, abstrak mempunyai padanan kata : ijmal, ikhtisar, inti sari, inti, kerangka, kesimpulan, pati, pokok, rangkuman, resume, ringkasan, rumusan, sari, simpulan, atau sinopsis.
Abstrak harus bersifat informatif dan deskriptif, artinya
setiap informasi yang terkandung pada abstrak tersebut harus berdasarkan fakta.
Dengan kata lain, sangat tidak diperkenankan untuk mencantumkan informasi yang
tidak ada faktanya yang jelas dalam isi artikel pada suatu abstrak.
Abstrak yang baik harus mengandung empat unsur: argumentasi logis perlunya dilakukan observasi atau penelitian untuk memecahkan masalah, pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah (metode), hasil yang dicapai dalam penelitian serta kesimpulan yang diperoleh. Setiap unsur hendaknya diungkapkan dalam kalimat yang singkat dan jelas, dengan demikian keseluruhan abstrak menjadi tidak terlalu panjang (Santoso, 2009).
Abstrak yang baik harus mengandung empat unsur: argumentasi logis perlunya dilakukan observasi atau penelitian untuk memecahkan masalah, pendekatan yang digunakan untuk memecahkan masalah (metode), hasil yang dicapai dalam penelitian serta kesimpulan yang diperoleh. Setiap unsur hendaknya diungkapkan dalam kalimat yang singkat dan jelas, dengan demikian keseluruhan abstrak menjadi tidak terlalu panjang (Santoso, 2009).
Abstrak berisi pernyataan ringkas dan padat tentang ide-ide
yang paling penting. Abstrak memuat masalah dan tujuan penelitian, prosedur
penelitian (untuk penelitian kualitatif termasuk deskripsi tentang subjek yang
diteliti)dan ringkasan hasil penelitian (bila dianggap perlu, juga simpulan dan
implikasi). Tekanan diberikan pada hasil penelitian. Hal-hal lain seperti
hipotesis, pembahasan dan saran tidak perlu disajikan (Ahira, 2009).
II.
Cara Penulisan
Abstrak
- Jumlah kata
- Jumlah kata
Hitung secara otomatis dengan menggunakan fasilitas Word Count pada aplikasi Microsoft Word pada
menu Review > Word Count. Abstrak hanya memuat maksimal 250 kata. Bila
jumlah kata ternyata berlebih, edit dengan cara membuang kata-kata tertentu
yang dapat dihilangkan, tetapi tidak mengurangi esensi dan makna kalimat dalam
abstrak PTK yang anda buat.
- Jarak spasi dan ukuran font
- Jarak spasi dan ukuran font
Abstrak selalu ditulis dalam jarak pengetikan 1 spasi. Bila
anda menjumpai contoh abstrak dengan jarak lebih dari 1 spasi, itu adalah
contoh yang salah. Jangan ditiru!
Gunakan huruf standar sebagaimana isi laporan ptk (misalnya
Times New Roman dengan ukuran font 12 pt, atau Calibri ukuran 11 pt).
- Berbentuk 1 paragraf yang rata kanan dan kiri (justify)
- Berbentuk 1 paragraf yang rata kanan dan kiri (justify)
Pada beberapa institusi tertentu, abstrak laporan ptk acapkali diminta dalam bentuk 1 paragraf utuh. Jika tidak disertakan petunjuk bagaimana format abstrak ptk untuk laporan anda, tulislah dengan sebuah paragraf saja. Perhatikan pula, bahwa paragraf abstrak anda harus rata baik pada bagian kiri maupun bagian kanan (justify).
- Ditulis sebelum Kata Pengantar,
persis setelah Halaman Judul.
Letakkan abstrak ptk anda, yang mestinya hanya terdiri dari satu halaman tepat setelah Halaman Judul, sebelum Kata Pengantar. Jangan meletakkannya pada urutan yang salah. Abstrak ptk diletakkan demikian supaya pembaca laporan ptk anda segera menemukannya dengan mudah setelah membaca judul penelitian tindakan kelas anda pada halaman sampul.
- Awal kalimat merupakan kata benda.
- Terdiri dari maksimal 250 kata,
diluar kata depan dan kata sambung.
III.
Contoh
Abstrak
MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
UNTUK SISWA KELAS VIIIB SMPN NEGERI 4 AMUNTAI MELALUI STRATEGI MEMORY CYCLE
(Tahun 2011, 239 halaman)
Suhadi
Guru IPA SMP Negeri 4 Amuntai
Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi
Kalimantan Selatan
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan penelitian
adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk peserta didik Kelas VIIIB
SMPN 4 Amuntai. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas
peserta didik; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru; dan (3)
Mengetahui hasil belajar peserta didik yang mengacu pada strategi memory cycle
pada Kelas VIIIB SMPN 4 Amuntai semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 untuk
materi Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehar-hari. Penelitian dilaksanakan dalam
dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan (dua
kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II. Data aktivitas peserta
didik digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik, data Pengelolaan
Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan
Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan Tes
Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik
kelas VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai tahun pembelajaran 2011/2012 pada pembelajaran
yang mengacu kepada strategi memory cycle pada materi Bahan Kimia Dalam
Kehidupan Sehari-hari di siklus I maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini
berada pada kategori BAIK; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru di kelas
VIIIB SMP Negeri 4 Amuntai yang tahun pembelajaran 2011/2012 yang telah
dilakukan guru pada materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari dengan
strategi memory cycle di siklus 1 maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini
juga berada pada kategori BAIK; dan (3) Hasil belajar peserta didik kelas VIIIB
SMP Negeri 4 Amuntai tahun pembelajaran 2011/2012 pada materi Bahan Kimia Dalam
Kehidupan Sehari-hari mengalami peningkatan dibanding tahun pelajaran 2010/2011
setelah menggunakan strategi memory cycle.
Kata Kunci : bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari,
kualitas pembelajaran, penelitian tindakan kelas, strategi memory cycle
Sumber :
1. http://imranbuhe.wordpress.com/cara-menulis-abstrak-yang-baik-dan-benar/
2. http://penelitiantindakankelas.blogspot.com/2013/01/cara-menulis-abstrak-ptk.html
0 komentar:
Posting Komentar