Rabu, 21 November 2012

Hal yang Terjadi pada Organ Tubuh


Hal yang Terjadi pada Organ Tubuh

Tidur atau bisa disebut mati sementara . Tidur maksudnya memejamkan mata melepas kepenatan setelah seharian kita beraktivitas dan membiarkan organ organ dalam tubuh kita memperbaiki serta mengeluarkan racun , sehingga bisa mendapatkan energi , badan sehat dan segar saat kita ingin beraktivitas kembali .

Tetapi pola tidur yang buruk dapat berdampak buruk pula pada kesehatan . Misal kurangnya tidur , salah posisi tidur , kebanyakan tidur , dan lain lain . Namun taukah kalian , disaat tidur hal apa yang terjadi pada organ kita ? pernahkah terlintas apa yang sudah terjadi pada tubuh kita saat tidur ?


Berikut ini saya akan menuliskan artikel hal yang terjadi pada organ tubuh saat tidur dengan bantuan sumber google .

1.        Yang pertama adalah Otak :
Saat tidur , jangan mengira otak tidak bekerja atau pasif , justru sangatlah aktif namun tidak seaktif saat kita beraktivitas atau tidak dalam keadaan tidur , sehingga saat tidur aktivitas otak turun sekitar 40 persen .

2.        Kedua adalah Mata :
Meski tertutup , pada saat tidur mata bisa tetap bergerak . Gerakan mata tersebut menunjukan perbedaan pada tahapan tidur , dimana terdiri dari 5 siklus tidur yang berbeda beda dengan masing masing berlangsung sekitar 90 menit .

3.        Ketiga adalah Hormon :
Selama terjaga , tubuh membakar oksigen dan makan untuk menyediakan energi , yang mana kondisi ini disebut dengan tingkat katabolik yang di dominasi dengan ransangan hormon adrenalin dan kortisteroid . Tetapi pada saat tidur , sistem hormon berpindah pada tahap anabolik yaitu konversi energi untuk perbaikan dan pertumbuhan .

4.        Keempat adalah Sistem Kekebalan :
Selama tidur terjadi peningkatan produksi sistem kekebalan tubuh dan protein yang berfungsi untuk memerangi penyakit . Sehingga tidur yang cukup dapat membantu melawan infeksi .

5.        Kelima adalah Suhu Tubuh :
Pada malam hari , suhu tubuh bersamaan dengan adrenalin mulai turun . Dan berkeringat mungkin terjadi sebagai usaha tubuh untuk mencoba memerangi kehilangan panas .

6.        Keenam adalah Kulit :
Inilah yang menyebabkan tidur malam yang cukup dapat mempercantik kulit dikarenakan tingkat metabolisme kulit dipercepat dan banyak sel sel tubuh menunjukan peningkatan produksi serta mengurangi kerusakan protein .

7.        Ketujuh adalah Pernafasan :
Ketika tertidur , otot tenggorokan akan rileks .

8.        Kedelapan adalah Mulut :
Selama tidur , aliran saliva (air liur ) berkurang sehingga menyebabkan mulut kering di pagi hari . Kegunaan saliva untuk melumasi mulut dan untuk makan .

9.        Kesembilan adalah Otot :
Saat tidur orang dapat mengubah posisi tidur sekitar 35 kali semalam , dan otot otot tetap rileks karena memberikan kesempatan bagi jaringan untuk diperbaiki dan dipulihkan .

10.     Kesepuluh adalah Darah :
Denyut jantung turun antara 10 dan 30 denyut per menit karna tidur , hal ini dapat menghasilkan penurunan tekanan darah . Selama tidur , darah mengalir dari otak , melemaskan arteri dan membuat anggota tubuh yang lebih besar .

11.     Kesebelas adalah Sistem Pencernaan :
Selama tidur , kecepatan sistem pencernaan akan melambat , maka dari itu makan larut malam dapat menyebabkan enzim dan asam lambung yang fungsinya mengubah makanan menjadi energi  tidak aktif , malah akan menumpuk menjadi kalori dalam tubuh .


0 komentar:

 

Nurlatifa Kurniawati Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang