Jumat, 23 November 2012

Manfaat Daun Sirih



Daun sirih merupakan tanaman asli dari Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lainnya . Ini merupakan artikel saya yang selanjutnya dengan bantuan google di Wikipedia dan blog http://forum.kompas.com/kesehatan/143511-khasiat-dan-manfaat-daun-sirih.html . Dalam bantuan tersebut saya bisa mendapatkan informasi mengenai apa itu daun sirih serta manfaat dan khasiatnya . Sirih selain digunakan untuk obat dapat pula digunakan untuk berbagai upacara adat rumpun melayu .
Tinggi tanaman ini bisa mencapai 15 m dengan batang berwarna coklat kehijauan , beruas , dan berbentuk bulat . Panjang dari daun itu sendiri sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm . Dan mengeluarkan bau yang tidak sedap jika dalam pandangan saya karna saya sendiri tidak menyukai daun sirih . Tetapi walaupun baunya tidak sedap , sirih mempunyai khasiat serta manfaat yang luar biasa . Berikut saya akan menuliskan artikel tentang manfaat serta khasiat yang telah saya dapatkan dari google :

Pertama :
Obat Batuk

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakitatau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lender , makanan , debu , asap , dan sebagainya . Cara pengobatan dengan :

a) Siapkan 15 lembar daun sirih
b) tiga gelas air
c) Cuci bersih daun sirih tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian.
d) Minum bersamaan dengan madu

Kedua :
Obat Bronkhitis

Bronkitis adalah suatu peradangan pada cabang tenggorok (bronchus) (saluran udara ke paru-paru). Bersifat  ringan dan pada akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi pada penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau penyakit paru-paru) dan pada usia lanjut, bronkitis bisa bersifat serius. Cara mengobati dengan :

a) Rebus 7 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam 2 gelas air bersih.
b) Tunggu sampai tersisa menjadi 1 gelas. Minum 3 x sehari masing-masing sepertiga gelas.

Ketiga :
Menghilangkan bau badan

Ditimbulkan bakteri dan cendawan .Dapat diobati dengan cara :


a) Ambil 5 lembar daun sirih dan rebus dengan 2 gelas air.
b) Tunggu sampai tersisa menjadi satu gelas.
c) Minum pada siang hari.

Keempat :
Luka bakar

Diakibatkan sumber panas ataupun suhu dingin yang tinggi, sumber listrik, bahan kimiawi, cahaya, radiasidan friksi. Jenis luka dapat beraneka ragam dan memiliki penanganan yang berbeda tergantung jenis jaringan yang terkena luka bakar, tingkat keparahan, dan komplikasi yang terjadi akibat luka tersebut. Cara mengobati ;

a) Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih.
b) Peras airnya dan tambahkan sedikit madu.
c) Bubuh-kan ke tempat luka bakar.

Kelima :
Mimisan

Bisa dikarnakan luka atau sesuatu entah saat main bola lalu mengenai hidung , atau dikarenakan dengan suatu penyakit . Cara mengatasi :

a) Siapkan 1 lembar daun sirih yang agak muda,
b) kemudian memarkan dan gulung.
c) Sumbatkan hidung yang berdarah.

Keenam :
Obat Bisul

Sekumpulan nanah (neutrofil mati) yang telah terakumulasi di rongga di jaringan setelah terinfeksi sesuatu (umumnya karena bakteri atau parasit) atau barang asing (seperti luka tembakan/tikaman). Cara mengobati :

a) Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih.
b) Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul.
c) Balut dan ganti 2 x sehari.

Mohon maaf hanya 6 yang bisa saya jelaskan , kurang lebihnya bisa anda kunjungi artikel http://forum.kompas.com/kesehatan/143511-khasiat-dan-manfaat-daun-sirih.html .

0 komentar:

 

Nurlatifa Kurniawati Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang