Rabu, 21 November 2012

terumbu karang


Terumbu Karang

Terumbu karang bagi ahli Biologi adalah suatu ekosistem yang dibentuk dan didominasi oleh komunitas koral , sedangkan menurut ahli geologi merupakan struktur batuan sedimen dari kapur (kalsium karbonat) di dalam laut.

Terumbu karang secara umum : struktur fisik beserta ekosistem yang menyertainya yang secara aktif membentuk sedimen kalsium karbonat (CaCO3) akibat sktivitas biologi (biogenik) yang berlangsung dibawah permukaan laut.


Terumbu karang merupakan 3 ekosistem penting di daerah pesisir diantaranya hutan bakau dan padang lamun. Mempunyai peran penting dalam melindungi pantai dari ancaman abrasi dan erosi serta pemijahan bagi hewan hewan penghuni laut lainnya. Selain itu, merupakan rumah bagi banyak makhluk hidup laut, seperti ikan badut, ikan kepe kepe, betol yang menghabiskan seluruh waktunya di terumbu karang , sedangkan ikan hiu lebih banyak menggunakannya sebagai untuk mencari makan. Manfaat terumbu karang bukan hanya dirasakan oleh makhluk hidup laut namun bagi manusia khususnya masyarakat pesisir dapat merasakan manfaatnya pula karna selain untuk sumber mata pencaharian, dapat juga mencegah bahaya abrasi.

0 komentar:

 

Nurlatifa Kurniawati Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang